Pages

Sunday, October 6, 2019

Kementerian Baru dan Wamen Bikin Kabinet Jokowi II Makin Gemuk

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam periode kedua kepemimpinannya, bakal melebur nomenklatur sejumlah kementerian. Dikabarkan akan terdapat beberapa kementerian dan lembaga baru.Beberapa nama kementerian berangkat dari masalah yang terjadi di Indonesia saat ini, seperti investasi, perdagangan dan digitalisasi. Jokowi pun dalam berbagai kesempatan kerap kali mengeluhkan hal ini.
Beberapa sumber CNBC Indonesia yang ikut dalam pembahasan nomenklatur mengatakan salah satu kementerian yang akan diubah adalah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Menurut sumber tersebut, ini sudah mencapai pada tahap akhir.

"Kemenko bidang Maritim akan menjadi Kemenko Bidang Maritim dan Investasi. Nantinya seluruh investasi akan terpusat di bawah kendali Menko Maritim dan Investasi," ungkap sumber CNBC Indonesia


Tak hanya kementerian ini saja yang berganti nama. Sumber tersebut juga menyebut bahwa Kementerian Luar Negeri dikabarkan juga akan dilebur dengan Kementerian Perdagangan. Tujuannya untuk memuluskan negosiasi ekspor.
"Kemudian, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan dipertimbangkan dilebur dengan Kementerian Perdagangan," kata dia.

Tak hanya itu, nantinya Indonesia juga disebut-sebut akan memiliki kementerian khusus yang mengurusi investasi, yakni Kementerian Investasi.

Kementerian ini baru pertama kalinya diusung presiden, sebelumnya lembaga yang mengurusi investasi di Indonesia adalah Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM).

Adapun Jokowi juga akan membentuk kementerian khusus yang mengurusi perkembangan teknologi keuangan Indonesia. Rencana ini hampir final dan kementerian ini akan diberi nama Kementerian Ekonomi Digital.

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih mengatakan saat ini perkembangan digital cukup pesat di Indonesia. Sedagkan negara lain sudah terlebih dahulu memiliki kementerian yang bertugas mengembangkan digitalisasi.

"Saat ini perizinan digital terpisah-pisah. Kementerian digital diharapkan bisa mengakomodir semau perkembangan digital dari proses awal hingga regulasi," kata dia.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin tidak mau menanggapi rumor soal kementerian yang beredar. Namun ia memastikan Presiden Jokowi akan mengumumkan nomenklatur Kementerian baru pada pekan depan.

"Selasa atau rabu mungkin bapak Presiden akan menjelaskan pertanyaan ini," kata dia di Gedung Kemenko Kemaritiman rabu (4/10/2019).

Sedangkan untuk nama-nama yang mengisi jabatan tersebut hingga saat ini belum jelas kapan akan disampaikan. Kemungkinan, pengumuman Menteri baru dilakukan setelah Jokowi dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober 2019.

BERLANJUT KE HAL 2 >>>

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/339Kjvg
via IFTTT

No comments:

Post a Comment