Pages

Sunday, July 21, 2019

Indeks Shanghai Dibuka Naik Tipis, Masih Belum Pede Sprint

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Shanghai dibuka menguat tipis 0,05% ke level 2.925,79, sementara indeks Hang Seng terkoreksi 0,53% ke level 28.612,28.

Pelaku pasar mulai masuk ke bursa saham China pasca indeks Shanghai sudah membukukan koreksi sebesar 0,22% sepanjang pekan lalu. Dari lima hari perdagangan pada pekan lalu, indeks Shanghai hanya membukukan apresiasi selama dua hari, sementara sisanya melemah.

Namun, aksi beli yang dilakukan pelaku pasar dibatasi oleh situasi yang belum mendukung. Pada pekan lalu, Wall Street Journal melaporkan bahwa proses negosiasi dagang AS-China kini mandek, seperti dilansir dari CNBC International. Penyebabnya, kedua negara tak mampu mencapai kata sepakat terkait dengan kasus Huawei.

Seperti yang diketahui, pada bulan Mei Presiden AS Donald Trump mendeklarasikan kondisi darurat nasional di sektor teknologi melalui sebuah perintah eksekutif. Dengan aturan itu, Menteri Perdagangan Wilbur Ross menjadi memiliki wewenang untuk memblokir transaksi dalam bidang teknologi informasi atau komunikasi yang menimbulkan risiko bagi keamanan nasional AS.

Bersamaan kebijakan ini, Huawei Technologies dan 70 entitas terafiliasi dimasukkan ke dalam daftar perusahaan yang dilarang membeli perangkat dan komponen dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah.

Sejatinya pasca Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Jepang pada akhir bulan lalu, Trump mengatakan bahwa dirinya akan melonggarkan sanksi yang diberikan terhadap Huawei. Namun, hingga kini AS masih menimbang seberapa besar keringanan yang akan diberikan kepada raksasa pembuat perangkat telekomunikasi asal China tersebut.

Dengan perkembangan tersebut, perang dagang AS-China sangat mungkin menjadi tereskalasi.

Pada pukul 15:30 WIB, angka inflasi Hong Kong periode Juni 2019 akan dirilis.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2LxPVKZ
via IFTTT

No comments:

Post a Comment