Pages

Thursday, July 18, 2019

Uhuy! BCA Siap Turunkan Bunga Kredit Nih

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) akhirnya menurunkan suku bunganya sebesar 25 bps. Bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo turun menjadi 5,75%.

Industri perbankan menyambut baik penurunan bunga acuan BI tersebut dan siap ikut menurunkan bunga kreditnya.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA/BBCA), Jahja Setiaatmadja, mengatakan penurunan bunga acuan ini searah dengan rencana bank sentral AS. Rupiah juga jauh lebih stabil.


"Penurunan bunga BI ini searah dengan The Fed karena rupiah sudah stabil bahkan sedikit di bawah Rp 14.000/US$," kata Jahja kepada CNBC Indonesia, Jumat (19/7/2019).

BCA, sambung Jahja, siap juga untuk menurunkan bunga deposito dan bunga kreditnya.

"Saya sudah turunkan bunga deposito 1 Juli 2019 sebesar 0,25%. Ahead of the curve, mungkin 3-4 bulan lagi bisa bunga kredit," tutur Jahja.

Lebih jauh Jahja mengatakan, BI sudah cukup melonggarkan banyak kebijakan makroprudensial. Ia tidak ingin rasio kredit lainnya dilonggarkan sehingga mendorong kredit tumbuh secara tidak wajar.

"Kredit tak boleh digenjot-genjot, harus wajar, tumbuh berdasarkan kebutuhan. Kalau digenjot pasti macet akhirnya," tuturnya."

"Jika dibandingkan negara lain regional saya kira growth pinjaman cukup di 11-12%, juga karena ketersediaan DPK. Loan tak bisa didorong-dorong," kata Jahja.

(dru/wed)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/32AeEU2
via IFTTT

No comments:

Post a Comment