Pages

Sunday, August 11, 2019

Apa Respons Pengembang Australia Soal RI Pindah Ibu Kota?

Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana Presiden Jokowi memindahkan ibu kota ke Kalimantan mendapat respons positif pengembang Australia. Salah satu grup pengembang Australia yang berbasis di Sydney, Crown Group.

Iwan Sunito, CEO Crown Group Holdings mengaku

 tertarik bila dilibatkan dalam pembangunan ibu kota baru di Kalimantan. Ia bilang pembangunan ibu kota baru Indonesia merupakan salah satu dari impiannya dan punya imaji soal ibu kota baru Indonesia di masa depan.

"...Bagaimana pembangunan ibu kota yang baru sebenarnya one of my dream," kata Iwan. Iwan yang pernah merasakan hidup masa kecil di Pangkalanbun, Kalimantan Tengah, sangat dekat dengan pulau ini. Namun, ia berharap ibu kota baru harus menjadikan Indonesia menjadi yang terbaik di Asia Tenggara di masa depan baik dalam hal layanan pemerintahan, pembangunan fisik ibu kota, secara budaya maupun dalam hal kualitas pendidikan.
Ia bilang pembangunan ibu kota baru harus disiapkan 100 tahun ke depan, bukan hanya jangka pendek, karena itu kajian yang dilakukan harus diperhatikan secara menyeluruh.

Iwan bilang alokasi dana yang paling besar di ibu kota baru tidak hanya membangun fisik gedung pemerintahan, melainkan pembangunan universitas yang terbaik yang bisa menarik seluruh dunia belajar ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo telah meminta para menteri terkait menyiapkan skema pembiayaan pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan. Ia sempat bilang lokasi ibu kota baru sudah mengerucut ke salah satu wilayah di Kalimantan. (hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2Z1Uqne
via IFTTT

No comments:

Post a Comment