Pages

Friday, August 9, 2019

Ini Dia Huawei HongMeng, OS Pengganti Google Android

Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies secara resmi meluncurkan OS HongMeng pada Jumat kemarin (9/8/2019) yang akan menggantikan Google Android di perangkat Huawei. Di Inggris, sistem operasi atau OS ini akan bernama HarmonyOS.

OS ini diperkenalkan CEO Divisi Konsumer Huawei Richard Yu dalam acara Huawei Developer Conference di Dongguan. Richard Yu mengatakan sistem operasi ini dapat digunakan di berbagai perangkat mulai dari smartphone, speaker pintar bahkan sensor, seperti dikutip dari CNBC International.


Produk pertama yang akan menikmati OS ini adalah screen smart seperti televisi pada akhir tahun ini. Selama 3 tahun ke depan, sistem operasi akan digunakan pada perangkat lain, termasuk perangkat yang dapat dikenakan dan unit kepala mobil.

HongMeng menjadi jawaban atas keputusan Pemerintah AS yang memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam (blacklist). Akibat kebijakan ini Google memutuskan untuk tak lagi melinsensi Android dan mengirimkan update software pada perangkat Huawei. Kebijakan ini akan berlaku mulai 17 Agustus 2019.

Mengenal Huawei HongMeng, OS Pengganti Google AndroidFoto: Pasangan menonton konten di smartphone dekat toko Huawei di Beijing. (AP Photo/Ng Han Guan)

Sejatinya, HongMeng bukan OS yang ujug-ujug muncul. Memiliki OS sendiri sudah menjadi rencana Huawei dari sejak lama. Namun Sanksi AS membuat peluncuran HongMeng dikebut.

South China Morning Post melaporkan, ide membuat OS sendiri ini ternyata digagas 7 tahun lalu di sebuah vila yang menghadap ke sebuah danau di Shenzhen, China. Ketika itu, kelompok kecil eksekutif Huawei Technologies yang dipimpin oleh pendiri Ren Zhengfei mengadakan pertemuan tertutup yang berlangsung selama beberapa hari.


Di sana mereka bertukar pikiran tentang bagaimana Huawei harus menanggapi meningkatnya keberhasilan Google Android di seluruh dunia, OS yang mereka gunakan di ponsel Huawei. Mereka khawatir ketergantungan pada Android dapat membuat perusahaan rentan terhadap larangan AS di masa depan.

Kelompok itu sepakat bahwa Huawei harus membangun OS sendiri sebagai alternatif potensial dari Android, ujar sumber yang menolak diidentifikasi. Pertemuan ini kemudian disebut "pembicaraan tepi danau". Sejak tahun lalu akses ke dokumen yang berkaitan dengan pertemuan ini dibatasi.

Simak video tentang Huawei di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

LANJUT KE HALAMAN 2>> (roy/tas)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2YHZ1Mk
via IFTTT

No comments:

Post a Comment