Pages

Friday, August 9, 2019

Megawati Siapkan 10 Nama Calon Menteri, Jokowi Pilih Siapa?

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri secara terang-terangan meminta jatah kursi lebih bagi kadernya, untuk mengisi jajaran menteri pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut diungkap secara blak-blakan oleh Megawati Soekarnoputri saat menyampaikan pidato politik dalam Kongres PDIP di Hotel Grand Inna Bali, Kamis (08/08/2019).

Pernyataan ini disampaikan langsung di depan Jokowi yang turut hadir dalam kongres tersebut. Bahkan di depan para ketua umum partai koalisi termasuk Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto yang juga berkesempatan hadir.

Foto: Kongres V PDIP di Bali (dok. Setwapres)

"Di dalam Kongres Pak Presiden, saya minta dengan hormat, PDIP akan masuk ke dalam kabinet dengan jumlah menteri terbanyak," tegas Megawati. Pernyataan Megawati ini langsung memicu tepuk riuh pada kader Banteng yang memadati tiap sudut ruangan Hotel Grand Inna Bali.

Megawati bercerita, pada 10 tahun era pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kader-kader PDIP tidak berada di dalam kabinet. Meskipun, memang ada penawaran yang konkret kala itu.

Merespons ini, Jokowi juga menjamin PDIP mendapat jatah menteri terbanyak.

"Saya ingin menjawab Ibu Mega tadi mengenai menteri," ujar Jokowi saat diberikan kesempatan menyampaikan pidato.

"Jadi Bu Mega menyampaikan, jangan empat. Tapi kalau yang lain dua dan PDIP empat, kan sudah dua kali [dua periode kabinet]," kata mantan Wali Kota Solo ini. 

"Jadi kalau nanti yang lain [dapat jatah menteri] tiga, mesti PDIP belum tentu juga, tapi yang jelas, PDI Perjuangan yang terbanyak. Jaminannya saya," tegas Jokowi.

10 Nama Menteri
Megawati pun sudah menyiapkan 10 calon menteri. Lalu siapakah yang bakal dipilih Jokowi?


Politikus PDIP Puan Maharani menjelaskan, saat ini Megawati sudah mengantongi 10 nama calon menteri. Putri Megawati ini menegaskan partai sebesar PDIP pasti sudah punya calon menteri.


"Ya nama-nama sudah ada dong, partai sebesar ini masa nggak punya nama," kata Puan di sela Kongres V PDIP, Sanur, Bali, Jumat (9/8/2019), dilansir Detik.com.

Kendati demikian, Puan tidak menyebutkan sejumlah nama kandidat menteri. Namun partainya sudah menyiapkan lebih dari 10 kader.
"Nama sudah ada di kantong ketua umum kita juga sudah membahas terbatas tertutup ya tapi ya nantilah masih Oktober kok masih lama," jelasnya.

Megawati Siapkan 10 Nama Calon Menteri, Jokowi Pilih Siapa?Foto: AHY bersama Puan Maharani dan Megawati Soekarnoputri, Rabu (5/6/2019). (Foto: Instagram Puan Maharani)

"Ya lebih dari 10 lah. Kan kemarin Presiden bilang bahwa Insyallah PDIP akan mendapatkan posisi lebih banyak karena memang suaranya lebih banyak dan merupakan partai pemenang pemilu," lanjutnya.

Saat ini, ada lima kader PDIP masuk Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Jokowi. Kelimanya adalah Seskab Pramono Anung, Menko PMK Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly, serta Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.


Di lain pihak, politikus PDIP Masinton Pasaribu mengungkapkan pos menteri yang diincar partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Dia juga menyebut pos menteri yang berkaitan dengan konstituen PDIP.

"Menteri apa aja? Ya (menteri) hukum. Kalau kami sih berharap portofolio (menteri) pertanian-pedesaan itu PDI Perjuangan, karena di sana banyak konstituennya," kata Masinton di Prime Plaza Hotel, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (9/8/2019), dikutip detik.com.

Megawati: kursi menteri untuk kader PDIP harus lebih banyak.

[Gambas:Video CNBC]

(tas)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2YYUHTY
via IFTTT

No comments:

Post a Comment