Pages

Friday, August 16, 2019

Surprise dari Jokowi: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan!

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR, DPR, dan juga DPD.

Jokowi memberikan banyak kejutan ketika menyampaikan pidato dalam sidang tahunan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Indonesia.

Di depan MPR, DPR hingga DPD dan disaksikan seluruh masyarakat melalui media digital dan televisi, Jokowi meminta izin kepada anggota legislatif mengenai rencana pemindahan ibu kota.

Hal ini cukup mengejutkan karena beberapa waktu lalu Jokowi hanya menggelar sidang kabinet dan belum secara gamblang mengungkapkan hal tersebut.

Surprise dari Jokowi: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan!Foto: Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Dia menilai pemindahan ibu kota bisa meratakan ekonomi.

"Dengan memohon rida Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi kemarin yang disambut tepuk tangan peserta.

Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau KalimantanJoko Widodo
Jokowi menambahkan, ibu kota negara bisa menjadi representasi kemajuan bangsa. Pemindahan ibu kota juga sebagai bentuk upaya pemerataan ekonomi.

"Ibu kota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi," ujar Jokowi.

Saat menutup pidato, Jokowi mengungkapkan peribahasa Melayu yang berbunyi 'biduk berlalu kiambang bertaut'. Dalam KBBI, peribahasa tersebut bermakna orang yang berkelahi atau bertengkar yang akhirnya berbaik dan berkumpul kembali (tentang orang ramai berkumpul).

Jokowi ingin mengatakan perbedaan bukanlah penghalang. Dia mengibaratkannya seperti kiambang yang kembali bertaut, usai biduk pembelah berlalu.

"Saya yakin, seyakin-yakinnya, persatuan Indonesia akan selalu sentosa. Seperti kiambang-kiambang yang bertaut kembali, setelah biduk pembelah berlalu," kata Jokowi.

(dru)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2N9V8Zm
via IFTTT

No comments:

Post a Comment