Pages

Monday, September 23, 2019

Jokowi Sering Pamer Pembangunan Tol, Ini Penampakannya

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam sebulan terakhir Presiden Jokowi sering menampilkan capaian pembangunan infrastruktur termasuk jalan tol via media sosial. Jokowi sempat memamerkan progres tol Balikpapan-Samarinda yang ditargetkan tuntas Oktober.

Selain itu, Jokowi juga sempat memamerkan kemegahan tol Cisumdawu bersama terowongan menembus perut gunung, hingga tol Layang Jakarta-Cikampek yang disebut Jokowi sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

Pada Minggu (22/9) Jokowi memamerkan pembangunan tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek II di akun Instagram dan Facebook-nya.

Ia memulai postingannya dengan pertanyaan kepada warganet, "Pernah menyusuri jalan darat Jakarta ke Bandung atau sebaliknya melalui jalan tol Cikampek hari-hari ini? Macet, bukan?"

Jokowi berharap masyarakat memaklumi bahwa lalu-lintas jalan tol Japek agak terganggu oleh pekerjaan besar yang sedang dilaksanakan yakni pembangunan Jalan Japek II, Kereta Cepat Jakarta Bandung, dan kereta ringan LRT Jabodetabek.

Jokowi Sering Pamer Pembangunan Tol, Ini PenampakannyaFoto: Satu terowongan sisi kiri sudah tembus pada 31 Juli 2018 lalu, sedangkan sisi satunya sudah mencapai 392meter. Tak lama lagi, masyarakat bisa menikmati perjalanan melalui seperti di arena Hotweels. (dok.instagram @info_binamarga)

"Japek II adalah jalan tol sekaligus jembatan terpanjang di Indonesia. Jalannya membentang sepanjang 36,4 kilometer, seluruhnya berupa konstruksi layang yang ditunjang 9.000 tiang pancang tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat," kata Jokowi dalam akun media sosialnya, Minggu (22/9)

Ia bilang bila tak ada aral melintang, Japek II ini akan beroperasi pada akhir November 2019 dan bisa dilewati kendaraan para pemudik Natal dan tahun baru 2020. Saat ini, kata Jokowi tahap pekerjaan Japek II sudah mencapai 96,5 persen.

Jokowi Sering Pamer Pembangunan Tol, Ini PenampakannyaFoto: Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated/Doc.Jasa Marga

"Hari Senin besok, uji beban menggunakan 16 truk dengan beban masing-masing 40 ton digelar di atas Japek II," katanya.

Jokowi berharap bila Japek II telah beroperasi, maka kemacetan panjang di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan berkurang jauh.

Jokowi Sering Pamer Pembangunan Tol, Ini PenampakannyaFoto: Tol Balikpapan-Samarinda (Dok. Jasa Marga)
(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2meMcXc
via IFTTT

No comments:

Post a Comment