Pages

Tuesday, October 22, 2019

Ada Menteri Baru, Apa yang Dibutuhkan IHSG untuk Naik?

Jakarta, CNBC Indonesia - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini bakal digerakkan oleh sentimen susunan kabinet yang diumumkan oleh presiden pagi ini. Pasar mengharapkan menteri yang menjabat sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan pasar tidak peduli latar belakang menteri mau berasal dari Partai Politik atau Professional, selama mereka bekerja secara professional, dan sesuai dengan kompetensi dibidangnya, maka tentu hal ini akan disambut baik oleh pasar.


Selain itu, pelaku pasar juga menantikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang akan diumumkan besok. Dengan situasi dan kondisi global yang cenderung stabil, dan didukung oleh optimis dalam negeri, sekuritas ini melihat bahwa cukup besar kemungkinan suku bunga acuan BI akan dipangkas pada bulan ini.

Selain itu, apabila The Fed jadi untuk memangkas tingkat suku bunga pada tahun ini 1 kali lagi, maka hal itu berpotensi untuk BI memangkas tingkat suku bunga sebanyak 2 kali tahun ini, pada bulan October, dan pada bulan December.


MNC Sekuritas menilai pelaku pasar akan menunggu dan melihat apa program kerja kabinet dalam 100 hari kedepan.

Perlu diketahui, sekuritas ini menyebutkan bahwa pelantikan Mentri Kabinet Baru menjadi antiklimaks atas proses yang terjadi selama ini karena acara pelantikan kabinet ini sudah di price in oleh pelaku pasar.

Sementara menunggu program 100 hari kedepan, market akan fokus melihat kinerja laporan keuangan emiten kuartal 3/2019, menunggu release data GDP Indonesia kuartal 3/2019 serta menunggu apakah Bank Indonesia memotong suku bunga 7DRR nya lagi.

Menurut Samuel Sekuritas, pergerakan IHSG berpotensi mengalami volatilitas usai dilantiknya presiden dan kabinetnya untuk periode 2019-2024.

Dari segi teknikal, posisi IHSG pada akhir perdagangan kemarin di 6.225,49 poin sudah mengkonfirmasi posisi uptrend. Namun IHSG masih akan menguji level 6.200 dan 6.250 secara bersamaan hari ini dengan sentimen eksternal dari penguatan bursa Asia karena adanya harapan damai dagang yang sudah dalam proses.

Meski dalam posisi uptrend, pada hari ini IHSG diperkirakan masih akan bergerak mixed dengan support berada di 6.200 dan resisten di 6.250. (hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/32CtZmI
via IFTTT

No comments:

Post a Comment