Pages

Saturday, October 19, 2019

Bamsoet: 17 Kepala Negara Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Amin

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan sedikitnya ada 17 kepala negara, kepala pemerintahan, dan utusan khusus dari sejumlah negara tetangga yang akan menghadiri acara pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Pelantikan itu akan berlangsung di Gedung MPR/DPR, Jakarta, pada Minggu siang ini (20/10/2019).

Beberapa nama di antaranya Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Wakil Presiden Republik Rakyat China Wang Qishan, dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Bin Mohamad. Sebelumnya Wang Qishan sudah berada di Jakarta dan pada Sabtu kemarin bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di hari terakhir JK menjabat.


"Di antaranya Sultan Bolkiah (Brunei Darussalam), Wakil Presiden China, Perdana Menteri Malaysia, Singapura, dan Australia," ungkap Bamsoet di sela gladi bersih pelantikan, Sabtu (19/10), dikutip CNN Indonesia.

Selain itu, ia mengatakan akan hadir pula 168 Duta Besar negara-negara tetangga untuk Indonesia di pelantikan Jokowi-Ma'ruf. Para tokoh nasional, seperti Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga akan hadir.


Lalu, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno disebut akan menghadiri pelantikan presiden 2019.

"Seluruhnya confirm hadir," imbuhnya.

Bamsoet mengatakan pelantikan akan berjalan dengan durasi sekitar satu jam. Ia pun berharap pelantikan Jokowi-Ma'ruf bisa berjalan dengan tertib, lancar, dan sesuai dengan segala persiapan yang sudah dilakukan.

"Setelah itu, saya belum dapat informasi lebih detail, apakah selesai dari sini mengucapkan selamat kepada para tamu undangan. Tapi beliau akan langsung ke Istana," ucapnya.

Mantan Ketua DPR ini juga menekankan bahwa tantangan Jokowi-Amin ke depan akan semakin sulit. Untuk itu, sambungnya, dibutuhkan pemimpin dan kebijakan yang solid untuk menaklukkan tantangan tersebut.

"Tantangan ke depan adalah ekonomi, perang dagang, dan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Kami harap pertumbuhan ekonomi dapat mencapai target dan harapan, bisa di atas 5 persen," katanya.

Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono menambahkan total tamu undangan yang akan menyaksikan pelantikan Jokowi-Ma'ruf mencapai kurang lebih 1.100 orang. Jumlah itu sekiranya sesuai dengan kapasitas maksimal tempat berlangsungnya acara pelantikan.

"Anggota MPR saja sudah 711 orang, undangan tamu negara, dubes sekitar 100 orang lebih. Lalu, undangan ketua lembaga, menteri, dan lainnya itu di 100 orang lebih, di atas balkon juga ada korps musik," jelasnya.

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2OYob34
via IFTTT

No comments:

Post a Comment