Pages

Saturday, October 19, 2019

Ini Dia Sang Fotografer di Balik Foto Resmi Jokowi-Amin

Jakarta, CNBC Indonesia - Sekretariat Negara merilis foto resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Rabu 16 Oktober lalu di situs resmi lembaga negara tersebut.

Foto tersebut diunggah dalam dua versi kapasitas yakni A3 dan A2 berikut dengan surat edaran untuk mempergunakan foto Jokowi dan Ma'ruf Amin mengingat pelantikan keduanya dilakukan pada 20 Oktober ini.

Surat edaran bersifat 'Sangat Segera' tersebut langsung ditujukan kepada para pimpinan lembaga negara, para menteri kabinet kerja, Gubernur Bank Indonesia, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kepala Polri, para pimpinan lembaga pemerintah non-kementerian, para pimpinan lembaga non-struktural, dan gubernur provinsi di seluruh Indonesia.


Selain itu, surat tersebut juga ditujukan kepada para bupati dan walikota, dan para kepala perwakilan RI di luar negeri melalui menteri luar negeri. 

Lalu siapa fotografer profesional di balik foto tersebut?

Ternyata fotografer senior Darwis Triadi yang menjadi fotografer di balik foto resmi Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024 itu. Hal itu diketahui dari unggahan pemilik sekolah fotografi Darwistriadi School of Photography ini di akun Instagramnya @darwis_triadi.

[Gambas:Instagram]

Unggahan Darwis itu sudah di-likes hingga lebih dari 25.000 pada Sabtu malam (19/10/2019).

Darwis menulis: Official foto Presiden R.I IR. JOKO WIDODO dan Wakil Presiden K.H MA'RUF AMIN dan team asisten @darwis_triadi."

Unggahan itu sontak mendapat respons komentar dari para netizen, dari pendukung Jokowi-Amin hingga para pecinta fotografis portrait, genre fotografi yang memang dikenal jadi keunggulan Darwis.

Salah satu komentar datang dari seorang dosen UNJ, @maulanahsd, "Salute om Darwis atas karyanya. 
Mohon maaf sebelumnya, koreksi saya jika tidak tepat. Pengambilan background bendera merah putih foto wapres jika dibandingkan dengan foto presiden apakah perlu diseimbangkan?" 

[Gambas:Instagram]


Komentar ini pun langsung dibalas, "
@maulanahsd karena posisi beda ga papa, kalo sama nanti bendera Bapak Kiayi jadi masuk ke dalam, ga pas telinga."

Ada lagi komentar, dari @marice_arianti, "Slide 2, Bapak Jokowi senyumnya sumringah banged ya Om Is... Pasti karena seneng banged difoto sm @darwis_triadi hahahahahaaa SO PROUD OF YOU OM IS!!!. Darwis pun merespons, @marice_arianti hahahaha senengnya mungkin foto udah beres Ari."

Darwis menceritakan bagaimana proses di balik pemotretan itu. Menurut fotografer kelahiran Solo, 15 Oktober 1954 ini, Jokowi justru tampak santai, begitu pun Ma'ruf Amin, jadi bukan suasana yang tegang. Ada rasa kebahagiaan yang terpancar dari kata-katanya.

"Saat pemotretan official buat Bpk Presiden Jokowi dan Bpk K.H Ma'ruf Amin. Bersama Bapak Mensesneg Pratikno. Suasana sangat relax dan santai membuat foto sesi begitu cepat dengan hasil yang maximal dan saya begitu bahagia," ceritanya.

Seorang fotografer senior pun ikut berkomentar, @melly_riana_sari, "Keren mas. Ngomong2 agak kurusan Mas Darwis. Sehat selalu Mas." Darwis pun iseng membalas, "iya kurusan biar lebih fit, kata Darwis yang menggeluti fotografi sejak 1979 ini.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga, Tantowi Yahya juga tak mau ketinggalan berkomentar. @tantowiyahyaofficial "Darwis, You are still the best.

Hanya saja ketika ditanya oleh salah satu fansnya, @aldhiyoauzan, "Beh apa baru ini foto presiden dan wakil presiden? Apa selama ini foto2 yang dipajang dikelas2 itu foto hasil babeh? Masih penasaran hasil2 foto presiden dan wakil presiden selama ini yang dipajang di kelas." Sayang pertanyaan ini tak berbalas.
Lalu siapa yang menentukan foto tersebut sudah pas atau belum? Ya Jokowi, kata Darwis menjawab pertanyaan seorang netizen @yukostp98. 

Para netizen pun berkomentar bukan soal Jokowi-Amin, melainkan kamera yang dipakai Darwis yang memang icon dari salah satu merek kamera asal Jepang ini.

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/35ORQlm
via IFTTT

No comments:

Post a Comment