Pages

Monday, October 21, 2019

Jokowi Sibuk Panggil Calon Menteri, Asing Kabur

Jakarta, CNBC Indonesia - Kemarin Senin (21/10/2019), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di posisi menguat 0,11% ke 6.198,98 poin. Setelah sempat melemah jelang akhir perdagangan, IHSG berhasil kembali menguat meski tipis.

Data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sepanjang perdagangan kemarin meski ditutup di zona hijau ternayta asing justru mencatatkan jual bersih (net sell) dengan nilai mencapai Rp 58, 09 miliar. Dengan met sell di pasar reguler seebsar Rp 45,95 milliar dan di pasar nego dan tunai net sell senilai Rp 12,14 miliar.

Namun, pada penutupan perdagangan sesi I, investor asing ini justru mencatatkan net sell dengan jumlah lebih besar yakni mencapai Rp Rp 99,55 miliar di pasar reguler, sementara pasar nego dan tunai asing masuk (net buy) Rp 6,09 miliar.

Dalam perdagangan satu minggu terakhir, asing keluar Rp 1,15 triliun di pasar reguler dan year to date atau tahun berjalan asing kabur Rp 18,93 triliun. Secara year to date, IHSG naik tipis 0,07%.

Aksi investor asing ini dinilai sebagai antisipasi dari 'drama' di Istana Negara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil beberapa nama tokoh yang bakal menjadi calon menteri di kabinet kerja jilid II.

Usai pelantikan pada Minggu kemarin, Jokowi berjanji akan memperkenalkan nama-nama menteri yang akan mengisi kabinet Jokowi-Ma'ruf pada Senin (21/10/2019) pagi. Namun hingga siang ini, belum ada tanda kepastian kabinet. Janji tinggal janji.

Namun sejumlah tokoh memang sudah merapat ke Istana Kepresidenan Jakarta. Mereka antara lain mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, pendiri Gojek Nadiem Makarim, dan pendiri Net TV Wishnutama.

Di sore hari, Airlangga Hartarto yang merupakan menteri perindustrian di era Jokowi juga merapat ke istana. Lalu ada juga komisaris utama PT Adhi Karya Tbk. (ADHI) M Fadjroel Rachmanyang menghadao ke istana dengan setelah putih.

Tak ketinggalan rival politik Jokowi dalam pemilihan presiden tahun ini, Prabowo Soebianto datang dengan warna pakaian yang sama. Dirinya datang ke istana negara bersama dengan wakil ketua umum partanya Edhi Prabowo.

Berikut nama-nama yang diduga kuat akan mengisi kabinet Jokowi, mengacu pada sumber CNBC Indonesia:
1. Menteri Pertahanan: Prabowo Subianto
2. Menteri Lingkungan Hidup: Victor Laiskodat
3. Menteri ESDM: Arifin Tasrif
4. Menteri BUMN: Erick Thohir
5. Menteri Perindustrian: M Lutfi
6. Menteri Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi : Heri Akhmadi
7. Menteri Dalam Negeri: Moeldoko
8. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi
9. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK): Muhadjir Effendy
10. Menteri Agama: Fachrul Razi
11. Menteri Pemuda dan Olahraga: Bahlil Lahadalia
12. Menteri Ekonomi Digital: Nadiem Anwar Makarim
13. Menteri Pariwisata: Wishnutama
14. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) : Tjahjo Kumolo
15. Menteri Koordinator Perekonomian: Airlangga Hartarto
16. Menteri Keuangan: Sri Mulyani
17. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: Basuki Hadimuljono
18. Menteri ATR & Kehutanan: Sofyan Djalil

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/32KWZJj
via IFTTT

No comments:

Post a Comment