Pages

Wednesday, July 17, 2019

Gara-gara Perang Dagang AS-China, Indeks Shanghai Jatuh Lagi

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Shanghai dibuka melemah 0,34% ke level 2.921,74, sementara indeks Hang Seng turun 0,7% ke level 28.393,04.

Jika bertahan hingga akhir perdagangan, maka indeks Shanghai akan membukukan koreksi selama tiga hari beruntun, sementara indeks Hang Seng akan jatuh selama dua hari berturut-turut.

Perang dagang AS-China menjadi faktor yang memantik aksi jual di bursa saham Benua Kuning. Wall Street Journal melaporkan bahwa proses negosiasi dagang AS-China kini mandek lantaran keduanya tak mampu mencapai kata sepakat terkait dengan kasus Huawei, dilansir dari CNBC International.


Seperti yang diketahui, pada bulan Mei Presiden AS Donald Trump mendeklarasikan kondisi darurat nasional di sektor teknologi melalui sebuah perintah eksekutif. Dengan aturan itu, Menteri Perdagangan Wilbur Ross menjadi memiliki wewenang untuk memblokir transaksi dalam bidang teknologi informasi atau komunikasi yang menimbulkan risiko bagi keamanan nasional AS.

Bersamaan kebijakan ini, Huawei Technologies dan 70 entitas terafiliasi dimasukkan ke dalam daftar perusahaan yang dilarang membeli perangkat dan komponen dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah.

Sejatinya pasca Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Jepang pada akhir bulan lalu, Trump mengatakan bahwa dirinya akan melonggarkan sanksi yang diberikan terhadap Huawei. Namun, hingga kini AS masih menimbang seberapa besar keringanan yang akan diberikan kepada raksasa pembuat perangkat telekomunikasi asal China tersebut.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2LUjYf4
via IFTTT

No comments:

Post a Comment