Pages

Monday, July 15, 2019

Rupiah Tekuk Yuan ke Level Terlemahnya Sejak September 2017

Jakarta, CNBC Indonesia - Rupiah benar-benar berjaya pada perdagangan Senin (15/7/19), hingga sukses menekuk mata uang yuan China hingga ke level terlemahnya sejak September 2017.

Pada pukul 20:15 WIB, yuan diperdagangkan di kisaran Rp 2023,76 atau melemah 0,51% di pasar spot, melansir data Refinitiv.

Mata Uang Garuda sedang mendapat sentimen positif dari pertemuan Presiden Jokowi dengan Prabowo Subianto yang membuat suasana politik dalam negeri menjadi lebih adem. Selain investor sudah memperoleh kejelasan mengenai arah pembangunan selama lima tahun ke depan.

Tadi malam, Jokowi memaparkan Visi Indonesia yang berisi lima fokus pembangunan yaitu infrastruktur, sumber daya manusia, investasi, reformasi birokrasi, dan optimalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sebaliknya yuan tertekan akibat data pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang melambat menjadi 6,2% di kuartal-II (terendah sejak dalam 27 tahun terakhir) tetapi data produksi industri dan penjualan ritel di bulan Juli menunjukkan peningkatan.

Dua faktor tersebut membuat rupiah berjaya, membuat yuan tidak pernah menyentuh zona hijau pada hari ini. Berikut tabel pergerakan yuan melawan rupiah sepanjang bulan Juli di pasar spot, melansir data Refinitiv.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(pap/pap)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2xPTdAo
via IFTTT

No comments:

Post a Comment