Pages

Monday, July 15, 2019

Ssst.. Sri Mulyani Lempar Rencana Cukai Naik di 2020, Rokok?

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tengah mendesain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 untuk mendukung program-program pembangunan di dalam rangka tahun pertama RPJPM 2020-2024. Hal ini dilakukan juga untuk menampung visi misi presiden terpilih dan juga prioritas serta janji kampanye.

Nantinya, hal tersebut masuk ke dalam Nota Keuangan yang akan disampaikan oleh Presiden bulan Agustus mendatang.

"Kita akan mendesain untuk Nota Keuangan nanti adalah pertumbuhan pajaknya akan diupayakan cukup tinggi namun realistis dimana untuk PPH dan PPN akan didesain berdasarkan pertumbuhan ekonomi 5 tahun terakhir ini," kata Sri Mulyani.


Ia juga menambahkan, saat ini pemerintah masih di dalam proses untuk membahas undang-undang perpajakan yang nanti pengaruhnya terhadap tarif dan penerimaan negara.

"Mungkin baru akan dirasakan pada akhir tahun 2020 atau awal 2021," kata Sri Mulyani di situs Setkab.

Namun, ada sedikit clue dari Sri Mulyani. Di mana untuk tarif cukai sendiri akan ada kenaikan di 2020. "Diharapkan ada penyesuaian tarif cukai maupun untuk tambahan barang kena cukai baru, seperti plastik yang bisa meningkatkan dari sisi penerimaan tapi lebih diandalkan di dalam mengendalikan konsumsi," katanya.

Tarif cukai apa yang naik Ibu Sri Mulyani? Tembakau?

(dru)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2la0qYI
via IFTTT

No comments:

Post a Comment