Pages

Tuesday, August 13, 2019

Jelang Rilis Neraca Dagang, IHSG Berpeluang Rebound

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjelang rilis data neraca perdagangan, pasar saham domestik berpeluang ditransaksikan di teritori positif pada perdagangan Rabu ini (14/8/2019).

Selasa kemarin, (13/8/2019) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,63% ke level 6.210,96. Searah dengan bursa saham Benua Kuning yang juga ditutup di teritori negatif: indeks Nikkei melemah 1,11%, indeks Shanghai melemah 0,63%, indeks Hang Seng turun 2,1%, indeks Straits Times terkoreksi 0,98%, dan indeks Kospi terkoreksi 0,85%.

Riset Pilarmas Investindo Sekuritas mencermati, sentimen hari ini, pelaku pasar akan menantikan rilis data neraca perdagangan yang akan diumumkan menjelang akhir pekan ini.


Pilarmas melanjutkan, mengacu hasil riset dari Morgan Stanley, downside risk akibat eskalasi konflik dagang AS-China berasal dari melemahnya supply chain yang berdampak pada perang mata uang antara kedua negara adidaya itu. Kekhawatiran perang mata uang itu dapat meningkatkan risiko pada pasar keuangan global sekaligus memberikan tekanan pada kinerja ekspor pada triwulan kedua 2019.

"Secara teknikal, IHSG berpeluang menguat dan diperdagangkan pada level 6.187-6.242," ungkap Pilarmas, Rabu (14/8/2019).

Valbury Sekuritas menilai, sentimen perdagangan hari ini juga berhembus dari AS. Presiden AS Donald Trump mengumumkan penundaan kenaikan tarif untuk barang-barang China hingga 15 Desember. Ada kemungkinan AS dan akan membahas pembicaraan lanjutan terkait perdagangan.

Di sisi lain, AS juga akan membantu rencana keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) lewat kesepakatan perdagangan bebas yang tengah dibahas oleh Perwakilan Dagang AS untuk mendukung langkah Inggris ini.

Bahkan, Presiden Trump menyampaikan apresiasi bahwa Inggris bisa menjadi mitra terkuat AS dalam menyikapi tantangan global dan berharap untuk bertemu Perdana Menteri Inggris Boris Johnson secara pribadi dalam waktu dekat.

"Sentimen pasar AS ini diperkirakan menjadi salah satu katalis positif bagi pasar Asia dan juga saham di BEI dengan indeks acuan IHSG yang berpeluang menguat pada perdagangan saham hari ini," tulis Valbury Sekuritas.

Valbury memproyeksikan, hari ini IHSG akan melaju pada level support (batas bawah) 6.189/6.167/6.136 dan resistance (batas atas) 6.242/6.273/6.295.

(tas)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/30cnUvW
via IFTTT

No comments:

Post a Comment