Pages

Tuesday, September 3, 2019

Menhub Usul ke Jokowi Asing Boleh Bangun LRT di Ibu Kota Baru

Jakarta, CNBC Indonesia - Ibu Kota baru di Kalimantan Timur bakal dilengkapi dengan transportasi massal Light Rail Transit (LRT). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menyampaikan usulan pembangunan ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau saya mau usulkan, yang LRT dulu yang kita berikan pada swasta. Jadi [rutenya] dari Samarinda, Ibu Kota baru, Balikpapan," kata Budi Karya Sumadi ketika ditemui di komplek parlemen Senayan Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Budi Karya mengatakan usulan itu disampaikan kepada Jokowi pada akhir pekan ini. Setelah mendapat arahan kepala negara, dia baru merinci kebutuhan anggaran dan sejumlah aspek mendetail.


Hanya saja, yang jelas, skema pembangunan lebih condong pada kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Skema tersebut juga dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur lain di Ibu Kota baru seperti pelabuhan, bandara, dan sebagainya.

"Pada dasarnya kita membuka KPBU, seperti pada LRT, kereta, nanti ada Pelabuhan Maloy, ada bandara, itu skema KPBU. Bahwa asing mau masuk, welcome saja," tandasnya.

Jika direstui Jokowi, Budi Karya langsung melakukan studi kelayakan proyek LRT tersebut. Paling tidak, menurutnya butuh waktu setahun untuk studi sebelumnya proyek ini dilelang.

"Kalau sekarang studi, lelang setengah tahun, membangun dua tahun ya kira-kira 4 sampai 4,5 tahun [selesai]," pungkasnya.

Menhub Usul ke Jokowi Asing Boleh Bangun LRT di Ibu Kota BaruFoto: Infografis/Jumlah Utang Pemerintah Pusat/Arie PratamaInfografis: Perbandingan Biaya LRT di Dunia
(tas)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2zQOBel
via IFTTT

No comments:

Post a Comment